Blog ini berisi kumpulan berita online apa adanya, tanpa pengeditan dan mencantumkan sumbernya yang jelas

Selasa, 29 Maret 2011

Gerakan Yusuf Supendi Dinilai Sebagai Perlawanan Faksi Keadilan

Rabu, 23/03/2011 19:09 WIB
Iin Yumiyanti - detikNews


Jakarta - Yusuf Supendi menyerang kelompok elite PKS. Tindakan pendiri Partai Keadilan (PK), cikal bakal PKS,  bisa dimaklumi. Yusuf dinilai representasi kubu faksi keadilan yang selama ini tersisihkan.

"Move Yusuf Supendi merupakan kulminasi titik didih yang sudah tidak mungkin dirahasiakan lagi. Selama ini kan biasanya diselesaikan secara diam-diam tanpa ada blow up ke luar," kata pengamat politik Imdadun Rahmat yang juga penulis buku ideologi politik PKS saat berbincang, Rabu (23/3/2011).

Imdadun menilai, ada beberapa sebab yang membuat mereka kritis terhadap PKS. Kelompok kritis ini mengidentifikasi diri sebagai kelompok keadilan, dan Yusuf Supendi itu dari kelompok keadilan ini.

"Lalu yang dikritisi itu merupakan kelompok kesejahteraan," imbuhnya.

Ada alasan mengapa kubu keadilan seperti Yusuf ini akhirnya muncul. Selama ini mereka tertekan oleh faksi sejahtera dan diam saja.

"Salah satu alasannya mereka tidak suka PKS mendekat ke keluarga Cendana, saat Pilpres 2009 lalu mengajukan Pak Harto sebagai pahlawan nasional, ini dianggap PKS telah berubah karena pada masa lalu Soeharto itu dianggap sebagai penguasa thogut yang menghancurkan gerakan Islam tapi kok diangkat sebagai pahlawan. Ini penyimpangan dari visi semula PKS," terangnya.

Satu contoh lagi yakni dukungan PKS kepada Adang Daradjatun yang dinilai tidak cukup islami. "Ini tanda PKS memilih pragmatis sehingga mengabaikan visi gerakan dakwah semula," tuturnya.

(ndr/asy)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/03/23/190902/1599852/10/gerakan-yusuf-supendi-dinilai-sebagai-perlawanan-faksi-keadilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar