Blog ini berisi kumpulan berita online apa adanya, tanpa pengeditan dan mencantumkan sumbernya yang jelas

Jumat, 08 April 2011

Pengamat Prediksi Suara PKS Akan Turun

Sabtu, 09 April 2011 | 10:07 WIB

                                                 Arbi Sanit. TEMPO/Wahyu Setiawan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Indonesia Arbi Sanit memprediksi target suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 10 persen pada Pemilihan Umum 2014 akan sulit dipenuhi. Hal ini setelah PKS digoyang dengan sejumlah kasus soal kebobrokan elit. "Ini membuka mata publik, PKS yang dianggap lebih baik sama saja dengan tingkah laku partai yang lain," kata Arbi melalui sambungan telepon, Sabtu (9/4).

Sebelumnya, seorang anggota Dewan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arifinto, tertangkap kamera sedang menonton video porno saat rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat, Jumat (8/4).

Selain kasus itu, PKS juga sempat digoyang dengan isu petinggi PKS yang diduga telah menggelapkan dana kampanye Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2007. Hal ini dilaporkan bekas Ketua Majelis Syariah PKS, Yusuf Supendi ke Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Menurut Arbi, keburukan PKS ini memang masih sebatas laporan dan dugaan namun diyakininya akan meruntuhkan kepercayaan simpatisannya. Padahal, PKS dikenal sebagai partai moral dan mendidik kadernya sesuai Islam. "Yang terjadi kini sangat kontras dengan ideologinya," ujarnya. Perilaku yang buruk ini, kata dia, tentu akan menjatuhkan tokoh intelektual di dalam partai itu.

Pada pemilu 2009, PKS berhasil menempati posisi urutan 4 suara terbanyak dengan 8 persen suara. Arbi memprediksi suara yang akan diraih pada pemilu 2014 tidak akan lebih dari perolehan 2009 bahkan bisa jatuh seperti halnya partai Islam lainnya. Ia menduga bahwa para simpatisan juga akan berpindah partai dan perpindahannya ke partai sekuler. "Mereka akan pindah ke Partai Demokrat, Golkar atau PDIP, tidak ke partai Islam," katanya.

Ia memprediksi partai Islam pada pemilihan 2014 akan semakin terpuruk. Hal ini dengan adanya budaya di partai Islam yang saling menjatuhkan di tingkat elit. Pada 1999, kata Arbi, Partai Islam bisa berjaya, namun semenjak kisruh Amien Rais yang menjatuhkan Gusdur maka ini menjadi realitas di partai Islam.

EKO ARI WIBOWO

Sumber:  http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/04/09/brk,20110409-326253,id.html

1 komentar:

  1. Ustad yusuf sudah kelaut,semua yg dituduhkan tidak terbukti,kepada seluruh kader PKS,maju terus !!! Alloh bersama kita.

    BalasHapus